Day 1 : Buka bersama

Day 1 
Buka Bersama 



   Alhamdulillah telah dipertemukan lagi di Ramadhan kali ini di 2019, bagi setiap muslim pasti memiliki kesenangan dan kegembiraan tersendiri dalam menyambut bulan suci Ramadhan, apalagi di Indonesia yang saya rasakan sekarang ini. Setiap daerah memiliki ciri khas nya masing-masing dalam menyambut bulan penuh berkah ini, seperti daerah kelahiran saya di Aceh ada tradisi meugang setiap menyambut bulan suci Ramadhan dan Idul Fitri. 

          Tapi, kali ini saya tidak akan membahas tentang meugang di Aceh melainkan saya akan membahas tentang tradisi buka bersama yang saya jalani setiap ramadhan di kota kelahiran saya ini. Setiap acara buka bersama insya Allah saya menyempatkan untuk hadir karena biasanya yang menyelenggarakan buka bersama yaitu teman-teman lama mulai dari teman SD,SMP,SMA, Bahkan buka bersama dengan sekumpulan organisasi yang saya ikuti. Jadi dengan acara buka bersama bisa menambah silaturrahmi sekaligus reunian teman-teman di sekolah dulu. Selanjutnya, ada hal-hal yang unik bagi saya ketika diadakan buka bersama yaitu kami menyebutnya “Wacana Forever” kenapa disebut begitu? Karena banyak dari beberapa acara buka bersama hanyalah wacana semata dan ini disebabkan oleh kesibukan dan jadwal dari kita-kita yang full alias penuh sehingga tidak ada waktu untuk melakukan buka bersama tersebut, tetapi banyak juga yang berhasil alias bukan wacana forever. So, tipsnya harus cepat cepat tentuin jadwal buka bersama biar ga penuh jadwal kalau bisa sebelum ramadhan udah ditentuin tempat dan tanggalnya, hehehe… 



        Next hal lain dari buka bersama itu adalah saling menanyakan kabar, bercanda, dan bikin heboh. Terkadang ga terlalu heboh dikarenakan sudah lama tidak bertemu jadi agak ada sedikit malu-malunya tapi masih asyik kok karena bisa melepas kerinduan dengan teman-teman yang dulunya sama-sama dan sekarang baru berjumpa kembali setelah sekian lama tidak jumpa. Selain itu, tidak lupa pada akhir sesi buka bersama pasti ada sesi foto-foto yang menurut aku itu memakan waktu yang lama karena budaya kita berfoto kan mana bisa Cuma sekali jepret, hehehe. 

       Buka puasa bersama bagi aku memiliki arti yang sangat mendalam karena kita bisa dipertemukan dengan teman-teman lama serta menambah dan mempererat tali persaudaraan diantara sesama. Jadi, kalau Ramadhan sempatkan berbuka puasa bersama kerabat-kerabatmu ya..... 

Wassalam. 
By : Rini Khairuni 

@bloggerperempuan 
#bloggerperempuan 
#30HariKebaikanBPN  

Comments

Popular posts from this blog

Day 28 Momen Terbaik Ramadhan Ini

Day 27 Jajanan Saat Lebaran

Day 26 Mengisi waktu selama Ramadhan