Day 16 Zakat, Infaq, dan Shadaqah dan Keutamaannya

Day 16 

Zakat, Infaq, dan Shadaqah dan Keutamaannya 




Zakat, Infaq, dan Shadaqah pasti memiliki perbedaannya masing-masing. Zakat adalah wajib dilakukan karena termasuk dalam rukun Islam, harta yang dikeluarkan pastinya sama wajibnya seperti kewajiban umat muslim untuk shalat, berpuasa, dan haji bagi umat yang berkecukupan. Manfaat dari zakat sendiri berdasarkan firman Allah SWT “Ambillah zakat dari sebagian harta mereka, dengan zakat itu kamu membersihkan dan menyucikan mereka, dan berdo’alah untuk mereka. Sesungguhnya do’a kamu itu menjadi ketentraman jiwa bagi mereka. Infaq yaitu sedekah dalam bentuk harta benda, tidak ada ketentuan waktu dan tempat, kapan dan dimana saja bisa berinfaq. Sedangkan shadaqah yaitu segala macam kebaikan yang kita lakukan tidak harus harta benda, tapi perbuatan baik seperti menolong sesama, dan masih banyak lagi kebaikan lainnya yang bisa dikatakan sebagai sedekah. 

Berikut ini terdapat beberapa keutamaan dari zakat, infaq, dan shadaqah : 

1. Ganjaran berlipat ganda Firman Allah SWT dalam surah Al-Baqarah ayat 245 : siapakah yang mau member pinjaman kepada Allah, pinjaman yang baik (menafkahkan hartanya dijalan Allah), maka Allah akan melipat gandakan pembayaran kepadanya dengan lipat ganda yang banyak. Dan Allah menyempitkan dan melapangkan (rezeki) dan kepada-Nya lah kamu dikembalikan. 

2. Tanda Ketaqwaan Dalam surah Al-Baqarah ayat 2 dan 3 : kitab (Al-Qur’an) ini tidak ada keraguan padanya; petunjuk bagi mereka yang bertakwa, (yaitu) mereka yang beriman kepada yang gaib, yang mendirikan shalat dan menafkahkan sebagian rezekinya yang kami anugerahkan kepada mereka. 

3. Bekal menuju Akhirat Dalam surah Al-Baqarah ayat 254 : hai orang-orang yang beriman, belanjakanlah (di jalan Allah) sebagian dari rezeki yang telah kami berikan kepada kamu sebelum datang hari yang pada hari itu tidak ada lagi jual beli dan tidak ada lagi persahabatan yang akrab dan tidak ada lagi syafa’at. Dan orang-orang kafir itulah orang-orang yang zalim. 

4. Pelindung di Padang Masyar Sabda Rasulullah SAW : setiap orang berada dalam naungan shadaqahnya hingga diputuskan perkara di antara manusia. (HR. Ahmad, Ibnu Khuzaimah, Ibnu Hibban, dan Al-Hakim). 

5. Mendapat do’a dari Malaikat Sabda Rasulullah SAW : “Tak ada suatu hari pun seorang hamba berada di dalamnya, kecuali ada dua orang malaikat akan turun; seorang diantaranya berdo’a, “Ya Allah berikanlah ganti bagi orang yang berinfaq”. Yang lainnya berdo’a, “Ya Allah, berikanlah kehancuran bagi orang yang menahan infaq”. (HR. Al-Bukhari dan Muslim). 

Sekian semoga bisa diamalkan dengan baik dan semoga mendapat manfaat dan keberkahan dengan membelanjakan harta dijalan Allah dan melakukan zakat, infaq, dan shadaqah dengan baik. Aamiin… 

Wassalam. 
By : Rini Khairuni 
@bloggerperempuan 
#bloggerperempuan 
#30HariKebaikanBPN  

Comments

Popular posts from this blog

Day 27 Jajanan Saat Lebaran

Day 28 Momen Terbaik Ramadhan Ini

Day 26 Mengisi waktu selama Ramadhan