Day 27 Jajanan Saat Lebaran

Day 27 

Jajanan Saat Lebaran 



Jika lebaran telah tiba biasanya umat muslim sibuk menyiapkan hal-hal untuk keperluan lebaran, dan mereka bahkan punya tradisi atau budaya tersendiri dalam menyambut lebaran setiap tahunnya. Adapun diantara keperluan saat lebaran adalah jajanan yang ada saat lebaran seperti kue-kue saat lebaran baik kue yang kering atau pun kue bolu yang biasanya dibawa untuk sanak saudara di kampung halaman. 

Setiap 2 hari atau bahkan 1 minggu sebelum lebaran kue-kue untuk lebaran sudah tersedia di toko-toko kue atau swalayan ataupun supermarket di setiap daerah. Kue-kue yang dijual biasanya terdiri dari kue nastar yang tidak pernah absen dari menu kue lebaran, kue kering putri salju, kue kacang, kue kastangel, dan masih banyak lagi kue kering dengan berbagai jenis yang menarik dan lezat. Nah, bagi aku dan keluarga biasanya jarang membeli kue kering karena kami lebih senang membuatnya sendiri di rumah walaupun ada juga beberapa kue yang dibeli diluar. 

Membuat kue lebaran bagi aku dan keluarga adalah hal yang menyenangkan terutama bagi aku pribadi karena aku lebih suka mengolah bahan bahan dari kue yang memiliki aroma manis dan gurih serta aku juga suka mengolah bahan makanan yang bertepung dan menggunakan mentega, alasannya memang gak jelas tapi bagi perempuan-perempuan membuat kue adalah hal yang menyenangkan tersendiri. Selain itu jajanan saat lebaran biasanya selain kue berupa ketupat yang juga banyak dijual di pasar menjelang lebaran, biasanya penjual membuat bentuk ketupat semenarik mungkin dengan daun kelapa dan terkadang memiliki bentuk yang unik dan berbeda dari bentuk ketupat pada umumnya. 

Selanjutnya juga ada jajanan pastel yang sangat identik dengan hari raya. Biasanya kita akan membeli pastel untuk diberikan kepada kerabat dan keluarga, pastel atau bingkisan tersebut biasanya berupa kue lebaran, sirup, dan lain sebagainya. Pastel banyak disediakan ketika menjelang lebaran di supermarket atau swalayan di setiap daerah. Pastel juga dihias dan dibungkus semenarik mungkin sehingga menarik mata orang yang melihatnya. Jadi, itu tadi beberapa jajanan yang ada saat lebaran tiba. Semoga bermanfaat dan selamat berlebaran teman-teman…. 

Wassalam. 
By : Rini Khairuni 
@bloggerperempuan 
#bloggerperempuan
#30HariKebaikanBPN  

Comments

  1. Walaupun kat rumah saya juga banyak membuat kuih raya...mood sudah ada walaupun tak dapat balik kampung

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Day 28 Momen Terbaik Ramadhan Ini

Day 26 Mengisi waktu selama Ramadhan