Day 11 Cara Menggunakan Panci Presto

Day 11 

Cara Menggunakan Panci Presto 



Bagi ibu rumah tangga atau bagi perempuan yang suka masak pasti tidak asing lagi dengan yang namanya panci presto, karena panci presto ini memiliki banyak manfaat diantaranya dapat memasak masakan dengan cepat, teapi tetap bergizi, dan masih banyak manfaat yang lainnya. Kali ini aku akan berbagi sedikit cara menggunakan panci presto yang aku ketahui. Yuk disimak… 

1. Pertama, kalian harus pastikan dahulu panci prestonya bersih baik dari luarnya maupun dari dalamnya. Pastikan pancinya tidak ada tersisa sedikit pun makanan ataupun kotoran yang menempel baik di tepi maupun di tutup panci tersebut. Panci presto tidak dalam keadaan yang tidak bagus atau rusak, dan cincin karetnya pun dalam keadaan baik, dan harus pas dengan ukuran tutup panci, tidak rapuh dan retak. Istilahnya harus perfect lah ya, hehehe…. 


2. Pastikan panci presto sudah diisi dengan air. Untuk jumlah air memiliki jumlah yang minimum atau tidak terlalu banyak ya teman-teman. 

3. Tidak boleh menggunakan panci presto untuk mengisi bahan makanan lebih dari dua pertiga dari ukuran panci presto itu sendiri. Hal ini digunakan untuk menghindari uap yang berlebihan ketika sedang memasak makanan. 

4. Ketika tekanan uap sudah tercapai, kalian bisa langsung mengecilkan api. 

5. Kalian harus memperhatikan waktu memasak dalam setiap jenis makanan tertentu. Karena jika waktu memasaknya kelamaan maka akan menyebabkan makanan lembek dan jadinya seperti bubur. 

6. Ketika kalian sedang memasak jangan membuka tutup panci sehingga tekanan dari dalam panci dilepaskan. Karena untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan saat memasak. Ada cara yang bisa kalian lakukan, yaitu melepaskan panci presto tersebut dengan cara alami yakni mengangkat panci presto tersebut dari atas kompor, lalu membiarkan panci dingin. Cara lain yaitu dengan membuka katup pengaman panci presto hingga uap habis, kemudian setelah itu kalian baru bisa membuka tutup panci presto tersebut. 

Nah, jadi itu sedikit pengetahuan yang aku punya untuk menggunakan panci presto. Perlu diingat setiap penggunaan orang-orang hasil dari makanannya akan berbeda tergantung step by step seseorang menggunakannya dan tergantung dari makanan yang dimasaknya. Semoga bermanfaat… 

Wassalam. 

By : Rini Khairuni 
 @bloggerperempuan 
#bloggerperempuan 
#30HariKebaikanBPN  

Comments

Popular posts from this blog

Day 28 Momen Terbaik Ramadhan Ini

Day 27 Jajanan Saat Lebaran

Day 26 Mengisi waktu selama Ramadhan