Day 19 Amalan Puasa

Day 19 

Amalan Puasa 



Dalam berpuasa selain kita menahan hawa nafsu kita juga harus melakukan amalan-amalan yang memiliki kebaikan dibulan puasa ini. Dengan amalan yang bermanfaat maka puasa kita akan semakin diberi kekuatan dan keberkahan oleh Allah SWT. Nah diantara amalan-amalan puasa yang sudah kita ketahui seperti berpuasa, shalat lima waktu, makan sahur, mengakhiri makan sahur, dan menyegerakan berbuka ada banyak lagi amalan lainnya diantaranya : 

1. Shalat Tarawih Selain shalat lima waktu, shalat tarawih juga sebaiknya dilakukan saat bulan ramadhan. Selain bisa mendapatkan pahala ganda, shalat tarawih juga sangat disarankan untuk menjalin silaturahmi dengan tetangga, terutama saat mengikuti ibadah shalat tarawih berjamaah di masjid di sekitar tempat tinggal kita. 

2. Membaca Al-Qur’an Dengan membaca Al-Qur’an akan menjadikan bulan ramadhan kita terasa lebih istimewa karena Al-Qur’an diturunkan pertama kali pada bulan Ramadhan. Makanya sangat dianjurkan untuk membaca Al-Qur’an sebagai amalan di bulan suci ramadhan. Selain itu, saking istimewanya satu huruf Al-Qur’an yang dibaca dihitung sebagai satu kebaikan oleh Allah SWT. Subhanallah…. 

3. Bersedekah Bagi umat muslim, bersedekah merupakan hal yang sangat dianjurkan untuk membersihkan hartanya. Bersedekah di bulan ramadhan merupakan amalan ramadhan yang dilipatgandakan, bisa terbebas dari api neraka dan mempermudah jalan menuju surga. 

4. Berdzikir Berzikir bisa dilakukan dimanapun dan kapanpun. Oleh karena itu, saat bulan ramadhan cobalah memperbanyak berdzikir karena menurut hadis, berzikir di bulan ramadhan lebih afdhal dari seribu bacaan tasbih di bulan lainnya. 

5. I’tikaf Kenikmatan bulan ramadhan yang paling diincar umat muslim adalah merasakan malam Lailatul Qadar, yaitu malam yang lebih baik dari seribu bulan. Malam lailatul qadar datang pada 10 hari terakhir bulan ramadhan dan biasanya terdapat atau lebih memungkinkan di malam-malam yang ganjil. Makanya, menjelang 10 hari terakhir bulan ramadhan sangat dianjurkan untuk beri’tikaf di masjid dan melakukan ibadah sebanyak mungkin serta mendekatkan diri kepada Allah SWT. 

6. Zakat Fitrah Amalan ramadhan yang dapat menyempurnakan puasa kita adalah zakat fitrah yang wajib dilakukan oleh setiap umat muslim untuk menutupi kesalahan-kesalahan kata-kata dan perbuatan sia-sia selama bulan ramadhan. Semoga kita melakukan amalan-amalan dibulan ramadhan dengan baik ya teman-teman… 

Wassalam. 
By : Rini Khairuni 
 @bloggerperempuan 
#bloggerperempuan 
#30HariKebaikanBPN  

Comments

Popular posts from this blog

Day 28 Momen Terbaik Ramadhan Ini

Day 27 Jajanan Saat Lebaran

Day 26 Mengisi waktu selama Ramadhan