Day 21 Tips Berpuasa Untuk Anak Kecil

Day 21 

Tips Berpuasa Untuk Anak Kecil 



Kita sejak dini sudah diajarkan berpuasa walaupun sedikit demi sedikit dalam artian setengah hari, karena semuanya butuh tahap yang perlahan tapi pasti agar tidak terkesan memaksa anak kecil untuk yang tidak sanggup ia lakukan. Melatih anak kecil berpuasa sedini mungkin akan membuat dia terbiasa nantinya ketika sudah dewasa dan tidak kaget jika nantinya dia harus atau sudah wajib berpuasa. 

Berikut aku akan kasi sedikit tips berpuasa untuk anak kecil 

1. Ajarkan berpuasa setengah hari Langkah awal kita harus mengajarkan anak kecil untuk berpuasa setengah hari dulu dan jangan memaksakannya berpuasa satu hari full karena akan membuat anak kecil tersiksa dan bisa bisa sakit. 

2. Berikan cerita-cerita yang menyenangkan dari berpuasa di bulan Ramadhan Cerita ini misalnya cerita berpuasa pada zaman rasulullah dan cerita dongeng Islam yang bermanfaat dan dapat memotivasi anak kecil untuk bepuasa perlahan demi perlahan. 

3. Sajikan makanan sahur dan berbukanya yang menyenangkan dan sehat Berikan asupan makanan yang bergizi bagi anak kecil dan kalau bisa berikan tampilan makanan yang menyenangkan yang disukainya agar terlihat enak dan bersemangat untuk memakannya dan bersemangat untuk berpuasa lagi esok harinya. 

4. Jangan paksakan berpuasa 1 bulan penuh Pada awal-awal si anak berpuasa jangan paksakan jika dia harus berpuasa satu bulan penuh, tetapi jika ia ingin dan sanggup berpuasa satu bulan penuh silahkan diterapkan asalkan jangan ada pemaksaan karena ia masih kecil dan baru baru berpuasa. 

5. Berikan reward atau hadiah untuk si anak agar menambah motivasinya Berikan hadiah jika ia telah mencapai puasanya dengan baik agar puasanya bisa lebih giat lagi. Tapi harus diingat jangan terlalu sering melakukan hal ini apalagi jika ia sudah mulai beranjak besar karena akan membuat dirinya manja dan melakukan puasa yang tidak ikhlas di kemudian hari pada saat ia dewasa. 

Oke teman-teman itu tadi sekilas penjelasan tentang tips berpuasa untuk anak kecil agar ia semangat puasa dan terbiasa berpuasa sejak usia dini. Semoga bermanfaat teman-teman… 

Wassalam. 
By : Rini Khairuni 
 @bloggerperempuan 
#bloggerperempuan 
#30HariKebaikanBPN  

Comments

Popular posts from this blog

Day 28 Momen Terbaik Ramadhan Ini

Day 27 Jajanan Saat Lebaran

Day 26 Mengisi waktu selama Ramadhan