Day 26 Mengisi waktu selama Ramadhan

Day 26 

Mengisi waktu selama Ramadhan 



Di bulan Ramadhan banyak hal yang dilakukan yang identik dengan beribadah dan mendekatkan diri kepada Allah SWT, namun setiap umat muslim beribadah dengan cara yang berbeda-beda saat bulan ramadhan tiba. Biasanya selain mengisi waktu dengan ibadah atau amalan yang bermanfaat kita juga bisa melakukan hal-hal yang positif kepada lingkungan sekitar kita, misalnya berbagi dengan sesama atau melakukan hal yang baik untuk sesama agar ibadah kita dibulan ramadhan ini lebih diberi keberkahan oleh Allah SWT. 

Hal-hal yang positif yang aku lakukan untuk mengisi bulan suci ramadhan kali ini adalah yang pertama, melakukan buka puasa bersama organisasi ke panti asuhan. Kami menganggap bahwa jika buka puasa bersama anak yatim piatu lebih bermakna dari pada kita bukber di luar atau di café-café yang tidak terkesan sama sekali, jika bukbernya bareng-bareng dipanti asuhan selain bisa ngumpul sama teman-teman juga bisa berbagi bersama anak-anak yatim piatu dipanti asuhan tersebut. Selanjutnya selain bukber dipanti asuhan biasanya aku mengisi waktu selama ramadhan dengan membaca Al-Qur’an juga membaca buku-buku yang berkaitan dengan Islam dan sejarah Islam. Biasanya aku tertarik membaca tentang Islam dari negara Timur Tengah dan salah satu yang aku baca adalah tentang mesir dan peradaban kunonya. 

Selain membaca aku juga mengisi waktu selama ramadhan dengan kalau tadi membaca selanjutnya dengan melihat langsung dalam bentuk video bagaimana Islam yang ada di dunia dan biasanya aku melihatnya di youtube yang memang khusus video tersebut diupload dibulan ramadhan. Terakhir hal yang aku lakukan untuk mengisi ramadhan adalah dengan membantu ibu untuk membereskan pekerjaan rumah sampai nanti membantu menyiapkan buka puasa yang dominan kami memasaknya sendiri dirumah dan mengurangi makanan siap saja yang harus dibeli diluar, karena menurut aku apapun makanan yang kita sukai lebih bermakna dan berasa enak jika kita membuatnya sendiri dari pada harus beli diluar yang mungkin rasanya tidak sesuai harapan kita. Jadi, apalagi dibulan puasa kami lebih menyukai masakan buatan dirumah dari pada yang dijual, selain puas dengan rasanya juga hitung-hitung bisa menghemat biaya juga. 

Nah, itu dia hal yang aku lakukan untuk mengisi ramadhan kali ini dan sebenarnya masih banyak hal lain yang aku lakukan di ramadhan tapi itulah saya rangkum secara garis besarnya saja. Semoga bermanfaat ya ceritanya…. 

Wassalam. 
By : Rini Khairuni 
 @bloggerperempuan 
#bloggerperempuan
 #30HariKebaikanBPN  

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Day 27 Jajanan Saat Lebaran

Day 28 Momen Terbaik Ramadhan Ini